Selasa, 13 Oktober 2009

Matkul Peng Bis ke satu

Pengertian Bisnis

Bisnis tidak terlepas dari kegiatan produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan, dengan tujuan untuk menghasilkan laba / keuntungan, yang digunakan untuk kelangsungan hidup dari perusahaan, dan memperkaya pemilik perusahaan.


Pengertian Ekonomi

Bagi para pebisnis pemahaman dari ilmu ekonomi sangatlah penting, baik ilmu ekonomi yang sederhana sampai tingkat profesional, ilmu ekonomi menjadi dasar bagi aktivitas aktivitas bisnis yang akan ditempuh.

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Fokus utama dari ilmu ekonomi adalah hubungan antara keinginan manusia dengan faktor produksi.

Masalah pokok dalam perekonomian adalah adanya scarcity (kelangkaan dan kekurangan) akibat dari ketidak seimbangan antara kebutuhan masyarakat, dengan faktor produksi yang tersedia. ( Hukum Supply and Demand ).

Keinginan atau kebutuhan yang disertai dengan kemampuan untuk membeli dinamakan permintaan efektif, dalam dunia bisnis ini disebut sebagai peluang usaha



Analisis Ekonomi

Dalam memulai suatu bisnis, harus didahului oleh adanya suatu peluang usaha, atau bahkan seorang bisnisman harus kreatif menciptakan peluang usaha baru yang tidak terpikirkan oleh orang lain, untuk mencari ide atau menangkap suatu peluang usaha perlu adanya analisis yang tepat sebelum memulai suatu bisnis.

Analisis tersebut adalah analisis ekonomi, yang membuat pertanyaan sekaligus jawaban mengenai penggunaan faktor-faktor produksi atau pendapatan tertentu untuk memberikan kepuasan dan manfaat yang maksimum kepada individu maupun masyarakat.

Adapun analisis ekonomi tersebut adalah :

1. Barang dan jasa apa yang seharusnya diproduksi ? ( What )
berkaitan dengan barang dan jasa apa yang harus dibuat, berapa banyak, kapan akan diproduksi, dan ukuran dari barang dan jasa.

2. Bagaimana memproduksi barang dan jasa tersebut ? ( How )
Siapa yang akan memproduksi, siapa pemasoknya, serta teknik produksi apa yang dapat digunakan untuk menghasilkan produk untuk diperdagangkan.







3. Untuk siapa barang dan jasa tersebut diproduksi ? ( Whom ) = target pasar.
Terkait dengan siapa yang akan membeli dan mempergunakan produk barang dan jasa yang kita hasilkan

Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah suatu unit kegiatan, yang melakukan pengelolaan faktor-faktor produksi, untuk menyediakan kebutuhan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusikan serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan ( profit ), dan memuaskan kebutuhan masyarakat ( pelanggan ).

Visi dan Misi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memilki Visi dan Misi perusahaan, untuk pencitraan dirinya sebagai suatu perusahaan, Visi dan Misi perusahaan tersebut sebagai pedoman kerja dan kebijakan manajemen, dalam menjalankan perusahaan tersebut.

Terkadang Visi dan Misi perusahaan tercermin dari motto / prinsip umum dari perusahaan tersebut.
Contoh : No Problem No Compromise (Telkomsel)
Jangkauan Luas ( Excelcomindo)
Conecting People (Nokia)
Trust Us To Fly (Batavia Air)



Visi : pemikirannya berasal dari pemilik / pendiri perusahaan, yang masih bersifat abstrak dan luas.
yang memberikan pandangan atas sesuatu yang terbaik dimasa datang ( baru pada tahap “akan” ).
sebagai acuan menuju ke misi ( ke tahap implementasi ).
Tanpa adanya batasan waktu ( tidak ada date line dan date expire ).


Misi : diperuntukkan bagi kalangan manajemen pengelola perusahaan, misi juga sebagai alasan atau dasar berdirinya suatu perusahaan, yang berhubungan langsung dengan aktivitas perusahaan, lebih konkret dan dinamis.


Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan

Letak dan tempat kedudukan perusahaan, harus diputuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap, yang ditinjau dari segi ekonomis dan teknis, yang dekat aksesnya dengan lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pemasok, dan pelanggan.

Ketepatan dalam pemilihan letak dan tempat perusahaan akan membantu menjamin tercapainya tujuan perusahaan, namun harus pula dipertimbangkan fleksibilitasnya terhadap kemungkinan rencana perluasan kantor, diversifikasi produk, atau bahkan perubahan suatu usaha, serta nilai jual tanah yang tinggi untuk dijual, jika dalam keadaan yang sangat darurat.

Letak Perusahaan di pengaruhi oleh :

1. Keadaan alam
Jenis perusahaan seperti ini biasanya bergerak pada bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan pertambangan, ini dikarenakan kemudahan ketersediaan bahan baku dari perusahaan tersebut.
Contoh : Pabrik gula di perkebunan tebu.
Perusahaan yang bergerak dalam export ikan tuna, di daerah pantai.
Perusahaan tambang batubara di Kalimantan.

2. Berdasarkan Sejarah
Perusahaan batik banyak didirikan di Yogya, Solo, Pekalongan dan Semarang, ini dikarenakan asal mula batik berasal dari kota-kota tersebut.
Begitu juga kerajinan daerah lainnya seperti kain Songket Palembang, Ulos Batak, Tapis Lampung, dll.

3. Ketetapan Pemerintah
Letak perusahaan yang diatur dan ditetapkan oleh pemerintah, dengan dasar pertimbangan keamanan dan keselamatan. Harus jauh dari pusat keramaian dan pemukiman.
Contoh : Pabrik Kimia.
Pabrik Senjata Api.
Perusahaan yang memakai tenaga nuklir.






4. Letak Perusahaan yang dipengaruhi faktor-faktor ekonomi.
Adalah perusahaan yang dekat dengan ketersediaan tenaga kerja, modal, transportasi, dan kedekatan denga pasar yang akan dituju.

Tanggung Jawab Perusahaan ( Internal )

Perusahaan bertanggung jawab kepada pihak – pihak yang secara langsung berkepentingan terhadap perusahaan tersebut, yang dinamakan dengan Stakeholders . mereka ini terdiri dari : Pemilik perusahaan (komisaris)
Pemegang Saham (Investor)
Pekerja (employe)
Kreditor (pihak bank)
Pemasok (supplier)
Pelanggan (customer)

Tanggung Jawab Perusahaan ( External )

Perusahaan juga mempunyai tanggung jawab sosial yang sifatnya keluar perusahaan (external), yang tidak berhubungan dengan para stakeholders, hal ini juga membantu citra perusahaan di mata masyarakat. Adapun tanggung jawab tersebut kepada :

o Lembaga penelitian
Membantu pendanaan dan penyediaan fasilitas penelitian untuk pendidikan, untuk menciptakan inovasi dan penemuan baru yang bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.


o Masyarakat sekitar perusahaan
Melaksanakan program udara bersih dan bebas polusi yang disebabkan oleh proses produksi perusahaan, ikut menanggulangi bencana baik yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, memberikan kesempatan kerja untuk masyarakat sekitar.

o Pemerintah
Membayar pajak kepada pemerintah yang merupakan kewajiban bagi perusahaan jika mendapatkan profit.

Faktor – faktor Produksi

Faktor produksi adalah, sumber-sumber yang mampu menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi dan memuaskan keinginan pasar / pelanggan, yang bisa berupa benda-benda yang bersumber dari alam maupun buatan manusia, untuk menghasilkan barang maupun jasa. Adapun faktor produksi dapat dibedakan menjadi :

Tanah dan sumber daya alam
Meliputi tanah, barang tambang, hasil hutan, pertanian, dan peternakan, termasuk juga wilayah laut dan udaranya. Tanah merupakan faktor produksi yang persediaannya tidak bisa ditambah, nilai dari suatu tanah dipengaruhi oleh mutu kesuburan tanah, kandungan didalamnya, dan lokasi dari tanah tersebut.





Tenaga Kerja

Faktor tenaga kerja memegang peranan penting dalam suatu proses produksi, tenaga kerja sangat dipengaruhi oleh faktor umur, pendidikan, kesehatan, dan penyebaran penduduk. Tenaga kerja dibedakan menjadi :

Tenaga kerja kasar (buruh)
Cirinya : Tidak berpendidikan dan tidak mempunyai keahlian tertentu

Tenaga kerja trampil (pelaksana / non manajemen level)
Cirinya : memiliki keahlian dan pengalaman kerja atau pendidikan, seperti sekretaris, tenaga pemasar, dll.

Tenaga kerja terdidik (manajemen level)
Cirinya : memiliki pendidikan tinggi dan ahli dalam bidang tertentu, seperti dokter, akuntan, psikolog, pengacara, insinyur, notaris, dll.

Modal

Modal adalah alat yang diciptakan dan digunakan manusia untuk meproduksi barang-barang dan jasa seperti jalan, kendaraan, mesin, bangunan, dll.
Modal tidak selalu didapat dengan uang, bisa melalui pengalaman, keahlian, jaringan, ide, maupun karya seni, intinya modal adalah seluruh kegiatan yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar